0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Edarkan Trihex, Gudel Bakal Dijerat UU Kesehatan

Tersangka Gudel, pengedar ribuan pil koplo

timlo.net/aditya

Tersangka Gudel, pengedar ribuan pil koplo

Klaten — Trixyphenidyl atau disebut Trihex merupakan kategori obat kelas G atau obat keras. Bagi yang ingin mengkonsumsinya harus membutuhkan resep dokter. Rudi Kecles (22) alias Gudel, tidak bisa dikenai Undang-Undang (UU) Narkotika.

“Tersangka kebal dengan UU Narkotika. Namun demikian, dia bakal kita jerat dengan UU Kesehatan,” kata Kasat Narkoba Polres Klaten, AKP Danang Eko Purwanto, saat gelar perkara di Mapolres Klaten, Jumat (19/6).

Danang menerangkan, Trihex biasa digunakan untuk mengatasi gejala Parkinson, dan juga mengurangi efek samping obat antipsikotik pada pasien gangguan jiwa. Namun demikian, para oknum pelajar menyalahgunakannya sebagai pil penenang masalah.

“Seperti dikatakan tersangka tadi, pil ini membuat nge-fly, layaknya orang ingin tidur dan menenangkan. Belum lagi harganya yang murah sesuai kantong pelajar,” terangnya.

Kendati demikian, lanjut Danang, pelaku bakal dijerat Pasal 197 UU RI No 36 tahun 2009 tentangĀ  kesehatan. Adapun ancaman hukuman 15 tahun penjara dan denda Rp 1,5 Milyar. Pasalnya, tersangka telah mengedarkan obat itu di kalangan pelajar.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge