0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

66 Orang Tertipu Calo CPNS

Kasubag Humas Polres Karanganyar AKP Suryo Wibowo menunjukkan barang bukti

timlo.net/nanang

Kasubag Humas Polres Karanganyar AKP Suryo Wibowo menunjukkan barang bukti

Karanganyar — Aksi penipuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibongkar aparat Polres Karanganyar. Sebanyak 66 orang diduga telah menjadi korban penipuan dengan jumlah uang yang disetor mencapai Rp 2,826 miliar.

“Mereka dijanjikan menjadi CPNS dengan menyetor sejumlah uang sesuai tingkat pendidikannya,” kata Kasubag Humas Polres Karanganyar, AKP Suryo Wibowo saat gelar perkara di Mapolres Karanganyar, Jumat (19/6).

Kasus ini terbongkar berawal dari MP (44) yang melaporkan Sunardi alias Jemblung (46) warga Pengin RT 03 RW 09, Desa Macanan, Kecamatan Kebakkramat yang menjanjikan bisa menjadi CPNS di Karanganyar. Namun ditunggu sejak Januari 2015, dan sudah membayar uang Rp 75 juta, tidak pernah ada panggilan.

“Setelah korban diperiksa, akhirnya petugas menemukan korban lainnya. Jumlahnya ada delapan orang dan semua memberikan pengakuan yang sama. Mereka menunjukkan bukti transfer uang dan juga kuitansi penerimaan yang ditandatangani Sunardi,” kata Kasubag Humas.

Setelah menemukan bukti awal, melakukan penangkapan. Sunardi tidak melakukan perlawanan. Saat diperiksa, dia mengaku kalau sudah melakukan penipuan itu, dan daftar korban membengkak sampai 63 orang. Semuanya sudah setor sejumlah uang bervariasi dari Rp 20 juta hingga membayar lunas Rp 100 juta.

Atas perbuatannya itu, Sunardi alias Jemblung terpaksa mendekam di tahanan polres Karanganyar dan diancam dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan dan 372 tentang penggelapan dengan hukuman maksimal 4 tahun penjara.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge