0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Keuntungan Pakai Layanan Gerai Maritim

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Pemerintah luncurkan Gerai Maritim di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Gerai Maritim perdana ini memakai kapal KM Dempo rute Jakarta-Jayapura.

Dengan adanya program tersebut ternyata menguntungkan berbagai pihak, salah satunya Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Setidaknya, mampu menekan disparitas harga cukup tinggi yang kerap terjadi antara wilayah Indonesia Barat, Tengah dan Timur.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicolas Mandey mengaku mendapat diskon harga angkut kapal sebesar 55 persen untuk tiap kontainer.

“Kita dapat subsidi biaya pengangkutan dari pemerintah, dalam hal ini perdagangan dan perhubungan,” ujar Roy di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (19/6).

Roy mengungkapkan, pihaknya biasa mengeluarkan uang sebesar Rp 43 juta hingga Rp 45 juta per kontainer untuk ongkos distribusi barang. Namun, kini pengusaha hanya membayarkan 45 persen dari harga resmi.

“Per kontainer kita hanya bayar 45 persen, diskonnya 55 persen. Kalau harga resminya per kontainer Rp 43 juta hingga Rp 45 juta,” tutur Roy.

Saat ini, lanjut Roy, peritel Hypermart mengikuti program Gerai Maritim dan diharapkan hal itu diikuti oleh peritel lainnya.

“Ini adalah pilot project pertama kalinya, dan nanti akan diikuti oleh anggota lainnya dan trayek-trayek lainnya. Keuntungannya bantu masyarakat. Harga komoditas di Jakarta bisa sama di daerah tempat yang kita kirim,” tandasnya.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge