0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mandi Matahari Tingkatkan Peluang Kehamilan 30 Persen

Dok: Timlo.net/ Telegraph.co.uk.
Wanita hamil. (Dok: Timlo.net/ Telegraph.co.uk.)

Timlo.net—Berjemur atau mandi matahari merupakan cara yang sempurna untuk rileks, sembari membaca di tepi kolam renang atau pantai. Ternyata mandi matahari juga menawarkan manfaat yang mengejutkan yaitu menolong wanita untuk hamil.

Semakin tinggi terpaan matahari bisa meningkatkan peluang seorang untuk hamil hingga 30 persen, tulis sebuah penelitian.

Yang menarik, cuaca dalam satu bulan sebelum proses pembuahan menjadi kunci dan bukan cuaca saat pembuahan terjadi, ungkap penelitian yang dipresentasikan di konferensi kesuburan ternama di Eropa.

Peneliti Belgia Frank Vanderkerckhove berkata: “Liburan tidak hanya menolong mengatasi stres, juga bermanfaat karena kondisi cuaca.” Dr. Vanderkerckhove mengambil hasil tes IVF (In Vitro Fertilization) sekitar 6 ribu wanita dan membandingkan tanggal perawatan dengan kondisi cuaca.

Tidak ada hubungan antara tanggal seorang wanita menjalani IVF dan cuaca. Akan tetapi saat dia melihat kondisi cuaca sebulan sebelumnya, sebuah pola muncul. Semakin tinggi suhunya, jarang hujan dan banyak sinar matahari bisa meningkatkan peluang keberhasilan perawatan pembuahan untuk memiliki bayi. Hubungan antara sinar matahari dengan keberhasilan proses IVF sebesar 35 persen.

Dr. Vanderkerckhove dari University Hospital Ghent berkata sinar matahari sebulan sebelum pembuahan menolong sel telur wanita untuk matang. Hal ini terjadi dengan meningkatkan vitamin D dalam tubuh, yang disebabkan karena sinar matahari menyentuh kulit. Atau dengan mengubah level melatonin, hormon yang bisa menolong kita tidur. Ternyata hormon ini juga berpengaruh dalam mengatur siklus reproduksi wanita.

Walaupun penelitian itu dilakukan pada para pasien IVF, dia berkata tidak ada alasan untuk berpikir jika sinar matahari tidak bisa menolong wanita yang mencoba hamil secara alami. Dia berkata di dunia di mana proses reproduksi harus melalui prosedur medis, sinar matahari bisa menjadi sebuah cara sederhana untuk meningkatkan fertilitas.

Profesor Charles Kingsland dari the Hewitt Fertility Centre di Liverpool Women’s Hospital berkata: “Kita terjebak dan tergoda untuk berpikir jika kita ingin hamil kita perlu mengkonsumsi berbagai pil, ramuan dan krim untuk menolong kesuburan kita saat semua yang kita butuhkan adalah hal sederhana misalnya pola makan sehat, tidak merokok, mengurangi asupan alkohol, relaksasi, sinar matahari dan menjadi bahagia serta positif.”

Sumber: Daily Mail.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge