0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemarau, Pemkot Solo Tambah Jumlah Armada Damkar

doki.timlo.net/achmad khalik
Pos Pemadam Kebakaran di Kota Barat, Solo (doki.timlo.net/achmad khalik)

Solo —  Menghadapi musim kemarau, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana akan menambah sejumlah armada bagi pemadam kebakaran (Damkar). Penambahan armada ini akan berupa mobil penembak air dan mobil pasokan air.

“Selain menghadapi musim kemarau, juga karena mobil penembak yang kita miliki sudah cukup tua usianya, sehingga perlu dilakukan penggantian,” ungkap Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, Gatot Sutanto, Jumat (19/6).

Gatot mengatakan, penambahan armada ini cukup mendesak untuk dilakukan, karena selain usia mobil penembak yang dusah cukup tua, kebanyakan mobil yang mereka miliki juga belum menggunakan power sterring. Sehingga jika digunakan dalam sebuah operasi kebakaran petugas cukup kesulitan dalam
mengendarai mobil.

“Beberapa mobil penembak belum power sterring, jadi saat dalam bertugas susah untuk dikendalikan padahal kita dituntut untuk cepat,” katanya.

Penambahan mobil supply, kata Gatot, juga harus dilakukan. Karena selama ini satu mobil penembak hanya diikuti satu mobil supply, padahal idealnya memerlukan tiga. Saat ini, unit Pemadam Kebakaran di Kota Barat hanya ada satu mobil supply.

“Harus ada tiga mobil supply, satu mobil untuk supply air ke mobil penembak, satunya bersiap-siap kemudian yang satunya lagi bersiap mencari air,” terangnya.

Rencananya penambahan armada baru mobil Damkar di APBD Perubahan sehingga nantinya akan mengoptimalkan kerja dari petugas pemadam kebakaran.

Gatot juga mengungkapkan, pihaknya baru saja melakukan pengecekan terhadap kondisi hidrant di seluruh Solo. Pengecekan ini terus dilakukan sebagai tindakan kesiagaan dalam menghadapi bencana kebakaran.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge