0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gerai Maritim, Turunkan Harga Barang di Papua

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Pemerintah luncurkan Gerai Maritim di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Gerai Maritim perdana ini memakai kapal KM Dempo rute Jakarta-Jayapura.

Kapal tersebut akan mengangkut sejumlah bahan kebutuhan pokok dengan menggunakan 13 kontainer (dry and refrigerated container) di dalamnya. Gerai Maritim ini menuju Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) berharap, program ini mampu menurunkan disparitas harga antara wilayah barat dan timur Indonesia yang selama ini sebesar 30 persen.

“Ini bertujuan untuk menurunkan disparitas harga dengan target pada 2015 di bawah 13,5 persen,” ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Srie Agustina, Jumat (19/6).

Kapal ini akan berlayar dan mendistribusikan bahan kebutuhan pokok dengan 30 titik pelabuhan kecil di pulau terluar Indonesia.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan Gerai Maritim perdana ini bakal menjadi proyek percontohan (pilot project).

“Mudah-mudahan paling lambat setelah Lebaran bisa jalan secara reguler. Karena sebenarnya tujuannya untuk harga barang pokok di Indonesia timur, barat, dan tengah sama. Kalau ada perbedaan hanya ongkos kirim saja,” ujar Jonan.

Peluncuran perdana Gerai Maritim ini menggunakan kapal penumpang milik PT Pelni (Persero) yaitu KM Gunung Dempo. Meski begitu, Jonan memastikan pelayanan bagi penumpang kapal tersebut tidak akan terganggu.

“Penumpang akan tetap dilayani. Kalau sudah reguler ada kapal kontainer sendiri untuk angkut itu. Kalau proses lama beritahu saya,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel menambahkan, Gerai Maritim merupakan salah satu bagian dari program Tol Laut andalan pemerintah Jokowi-JK. Diharapkan, proyek ini mampu menekan disparitas harga yang terjadi antar wilayah Indonesia.

“Terlebih kita akan memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN. Kita bekerja supaya tingkatkan efisiensi dan jaga kualitas produk kita, sehingga yang sampai ke konsumen adalah produk yang terbaik,” ucapnya.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge