0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2016, Nokia Bakal Rilis Smartphone Baru

CEO Nokia

Dok: Timlo.net/GSM Arena

CEO Nokia Rajeev Suri

Timlo.net—CEO Nokia Rajeev Suri akhirnya berhenti membantah jika perusahaannya akan kembali ke pasar smartphone. Setelah membantah rumor ini dua kali, Suri sekarang berkata tentang rencana perusahaan itu untuk memproduksi smartphone baru mulai tahun depan.

Tapi mereka akan menggunakan strategi yang sama seperti yang mereka gunakan saat merilis tablet N1. Perusahaan Finlandia akan mendesain smartphone dan nama Nokia akan digunakan sebagai brand. Akan tetapi, produksi smartphone akan dilakukan pihak lain.

Suri sedang mencari rekan-rekan yang cocok untuk memproduksi smartphone mereka. Mengingat brand Nokia sendiri masih dikenal, tentunya perusahaan itu tidak akan kesulitan menemukan partner. Foxconn, yang sudah memperoleh lisensi memproduksi tablet N1, bisa menjadi salah satu partner Nokia.

Nokia masih harus menunggu paruh kedua tahun 2016 untuk mengatur persoalan lisensi. Setelah menjual divisi seluler mereka pada Microsoft pada 2013, mereka tidak diizinkan untuk memproduksi smartphone dengan brand mereka. Kesepakatan ini hanya berlaku hingga 2016 awal.

Karena tablet N1 memakai Android, kita bisa beranggapan bahwa ponsel Nokia akan memakai OS yang sama. Microsoft sendiri belum berhasil menguasai pasar smartphone setelah mengakuisisi bisnis seluler Nokia. Mungkin Nokia akan mampu meraih pangsar pasar yang signifikan begitu mereka kembali ke bisnis ini.

Sumber: GSM Arena.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge