0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ditemukan Ratusan Makanan Tak Layak Beredar

petugas gabungan razia miras dan makanan diminimarket

timlo.net/tarmuji

petugas gabungan razia miras dan makanan diminimarket

Wonogiri — Dari temuan tim gabungan pengawasan barang beredar Kabupaten Wonogiri selama dua hari, berhasil menemukan ratusan barang yang tidak layak edar. Sebagian besar berupa bahan makanan yang sudah kedaluwarsa, barang-barang kosmetik tidak berijin dan obat-obatan yang memang tidak boleh diperjualbelikan bebas.

“Razia kami gelar di Kecamatan Jatisrono dan Sidoharjo, “ungkap Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop & UMKM) Wonogiri, Guruh Santoso melalui Kabid Perdagangan, Wahyu Widayati dan Kasi Usaha Perdagangan dan Perlindungan Konsumen, Bambang PH, Rabu (18/6).

Dikatakan, selama dua hari itu, tim menemukan sekitar 33 jenis atau merk yang terdiri atas 212 unit barang tidak layak edar. Jenis barang tersebut antara lain minuman ringan, bumbu racik, biskuit, permen, sereal, minuman penyegar, minuman beralkohol, lipstik, bedak, roti tawar, bubur susu, mi telur, obat batuk, obat gosok, obat sakit kepala, obat gigi, teh, dan susu.

“Sebagian besar yang kami temukan berupa makanan kedaluwarsa. Sepertinya, penjual lupa meretur karena terselip di antara barang dagangannya,” ujarnya.

Dia mengimbau kepada para penjual agar lebih teliti memeriksa barang dagangannya.

“Biasanya, kalau sudah tiga bulan menjelang kedaluwarsa, barangnya sudah diretur. Para konsumen sekarang juga lebih pandai dan waspada. Mereka sudah banyak memperhatikan tanggal kedaluwarsa dan tidak mau membeli kalau kemasannya rusak,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge