0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lebaran 2015, Pemudik Wonogiri Meningkat

Sejumlah pemudik menurunkan barang bawaannya di Terminal Giri Adipura Wonogiri (Dok. Timlo.net/Tarmuji)

Wonogiri — Pemkab Wonogiri berharap mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar. Karenanya sejumlah pembangunan jalan alternatif untuk mengurai kemacetan dapat diselesaikan sebelum Lebaran tiba. Hal itu mneyusul adanya prediksi kenaikan jumlah pemudik yang bakal tiba di Wonogiri.

“Diprediksi naik sekitar 5 persen atau sebanyak 39.801 orang,dibandingkan tahun lalu hnaya sekitar 37.906,” ungkap Kepala Dishubkominfo Wonogiri, Ismiyanto, Kamis (18/6).

Menurut Ismiyanto, kenaikan pemudik dipicu dengan bersamaan datangnya libur sekolah. Ia juga mengatakan,semua pemudik yang datang dengan menggunakan bus yang tlah disediakan Pemprov Jateng bakal dipusatkan di Termimal Giri Adipura Krisak, Selogiri.

“Nanti itu kemungkinana kenaikannya  sekitar 1.895 orang pemudik,” katanya.

Dia juga mengatakan, posko monitoring arus mudik dan arus balik akan didirikan waktunya lebih panjang ketimbang tahun lalu. Sebelumnya, posko hanya dibuka mulai H-7 sampai H+7, namun kini posko dibuka mulai H-15 sampai H+9. Tak hanya itu saja, pihaknya pun telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, seperti  Dinas Pekerjaan Umum(DPU).

“Saya sudah meminta kepada DPU agar perbaikan jalan alternatif selesai sebelum Lebaran, saya tidak mau arus mudik dan balik terganggu perbaikan jalan,” jelasnya,

Ismiyanto juga menambahkan, Pemprov Jateng telah menyediakan bus mudik gratis sebanyak 48 armada, kemudian 70 bus dari Pemkab se-Jateng,50 bus dari Bank Jateng. Selain itu pula ada beberap truk yang dikhususkan mengangkut sepeda motor pemudik yang rencannya akan diberangkatkan pada 14 Juli.

“Bus akan diberangkatkan dari anjungan Jawa Tengah TMII pada 12 Juli pukul 10.00 WIB,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge