0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Selama Juni, Alokasi Gas Melon Ditambah 200 %

dok.timlo.net/nanang rahadian
Operasi pasar LPG 3 kg (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar —  Selama bulan Juni 2015, alokasi LPG 3 kg –sering disebut gas melon, untuk wilayah Karanganyar akan ditambah. Penambahan dipastikan sebanyak 8 persen sehari atau 200 persen sebulan dari alokasi harian. Total alokasi gas melon di Karanganyar sebelum ditambah sebanyak 23.719 tabung sebulan.

“Kepastian tambahan alokasi tersebut berubah dari kebijakan yang disampaikan sebelumnya, di mana alokasi tambahan selama Juni sebanyak 6 persen sehari atau 150 persen sebulan,” kata Kasubag Sumber Daya Alam (SDA) Bagian Perekomian Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar Farida kepada wartawan, Rabu (18/6).

Perubahan alokasi dari 150 persen menjadi 200 persen di bulan Juni, menurut Farida, karena diperkirakan penyerapan gas LPG 3 kg akan meningkat. Sebab pada pertengahan Juni, sudah memasuki bulan puasa.
Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, penggunaan gas untuk keperluan memasak meningkat pada bulan Puasa dan saat Lebaran.

“Karena tambahan 150 persen diperkirakan masih kurang, maka ditambah lagi menjadi 200 persen,” tuturnya.

Sementara untuk tambahan alokasi pada Juli yang bertepatan dengan Idul Fitri, direncanakan mencapai 300 persen. “Namun kepastiannya nanti,” katanya.

Sebelumnya, Ketua DPC Hiswana Migas Surakarta Suwardi Hartono Putro mengatakan, pihaknya siap melakukan Operasi Pasar (OP) jika terjadi kelangkaan LPG.

“Meskipun alokasi sudah ditambah, tapi seandainya masih terjadi kekurangan, kami bersama Pertamina siap melakukan OP. Nanti melihat kondisi,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge