0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Padusan di OMAC, Bupati Klaten Beri Sinyal Pamitan

Bupati Klaten beserta istri membuka padusan di OMAC

timlo.net/aditya wijaya

Bupati Klaten beserta istri membuka padusan di OMAC

Klaten — Tradisi padusan dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadan di Obyek Mata Air Cokro (OMAC), Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Rabu (17/6), berlangsung meriah.  Prosesi mandi massal itu dibuka oleh Bupati Klaten Sunarna.

“Sebagai Bupati Klaten, padusan tahun ini merupakan yang terakhir yang saya hadiri. Saya meminta maaf, kalau dalam tradisi padusan di tahun-tahun sebelumnya ada perkataan yang menyinggung,” ucapnya, Kamis (17/6).

Tradisi padusan di OMAC secara simbolis dibuka dengan prosesi memandikan dua pasang Mas dan Mbak Klaten. Dengan mengenakan pakaian adat Jawa, kedua pasang pemenang pemilihan duta wisata 2014 itu dimandikan air kembang oleh Bupati Klaten dan istrinya.

“Padusan itu tradisi penting sebagai pengingat bahwa kita telah memasuki bulan Ramadan. Semoga dengan awal puasa yang telah ditentukan secara bersamaan ini kita dapat melaksanakan ibadah puasa secara khusyuk dan lebih bermakna,” pesan Sunarna.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten, Joko Wiyono mengatakan, prosesi siraman merupakan simbol mensucikan diri untuk menyambut bulan Ramadan. Dilakukan di alur sungai Mata Air Umbul Ingas agar menyatu dengan alam

“Klaten merupakan daerah yang kaya akan mata air. Tradisi padusan tidak hanya digelar di OMAC, tetapi juga dilakukan di beberapa umbul lainnya yang ada di wilayah Klaten,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge