0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Stok Langka, Harga Daging Ayam Melonjak

Pedagang ayam potong (dok.timlo.net/nanin)

Karanganyar — Stok ayam potong maupun ayam kampung di wilayah Karanganyar mulai menipis. Akibatnya harga daging ayam tersebut mulai merangkak naik. Menjelang Ramadan ini, harga daging ayam naik mulai Rp 1000 perkilonya.

“Para pedagang sudah mulai  kesulitan untuk mencari daging ayam baik ayam potong maupun kampung,” kata. Tentrem (49), salah seorang pedagang daging ayam di Pasar Jungke Karanganyar, Rabu (17/6).

Tentrem mengatakan kenaikan harga tersebut biasanya akan bertahan hingga dipertengahan bulan puasa. Setelah pertengahan harga daging ayan akan kembali normal. Namun, lanjut Tentrem, harga akan naik lagi menjelang Lebaran.

“Tahun-tahun sebelumnya juga seperti itu mas, mungkin karena banyak orang yang butuh jadi harga naik, padahal stok sama saja,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan pedagang daging sapi, Suwarti (54), warga Kaliyoso, Sragen. Ia mengaku, harga daging sapi bahkan tiap pekan mengalami kenaikan, untuk pekan ini harga daging sapi menjelang Ramadhan naik dari Rp 88.000 perkilonya, menjadi Rp 90.000.

“Kalau daging sapi baru naik tiga hari ini, Mas. Mungkin karena menjelang Puasa,” terang Suwarti.

Sementara itu, dari bahan pokok yakni ikan laut maupun ikan air tawar, salah satu pedagang, Sri Wahyuni, mengaku untuk ikan juga mengalami kenaikan. Dimana ikan Nila dan kakap harga perkilonya mengalami kenaikan Rp 2.000. Sedangkan untuk ikan laut juga mengalami kenaikan yakni dari Rp 25.000 perkilo, menjadi Rp 30.000.

“Kalau untuk kakap,nila dan lela memang harganya sedikit naik mas, bandeng itu stabil, tapi untuk ikan laut naik, hingga Rp 5.000 perkilonya, karena untuk ikan laut itu tergantung dari nelayan,” terang Sriwahyuni, warga Bejen, Karanganyar tersebut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge