0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

80 Relawan SAR Klaten Diterjunkan ke Lokasi Padusan

Suasana tradisi Padusan di Umbul Cokro, Tulung, Klaten (dok.timlo.net/rori)

Klaten — Padusan menjadi salah satu tradisi bagi masyarakat untuk menyambut bulan Ramadan. Walhasil sejumlah obyek wisata air dan pemandian umum di wilayah Klaten dipadati pengunjung. Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan air, puluhan relawan dan potensi Search and Rescue (SAR) Klaten diterjunkan ke lokasi padusan.

“Kami melibatkan 80 relawan gabungan yang diterjunkan di empat lokasi, yakni di Obyek Mata Air Cokro (OMAC), pemandian Umbul Ponggok, Umbul Pluneng dan kolam renang Tirta Indah, Bendogantungan,” tutur Koordinator Kegiatan Padusan 2015 dari SAR Klaten, Sarana, Rabu (17/6).

Setelah melakukan apel sekitar pukul 08.00 WIB, puluhan relawan dan potensi SAR Klaten akan melakukan pengamanan padusan hingga pukul 17.00 WIB. Untuk OMAC Cokro, Tulung, diterjunkan sebanyak 38 personel
dari unsur SAR, LPB,  Semut Geni, Turahan Awu, Rescue Klaten Timur, dan RAPI.

“Umbul Ponggok di Polanharjo ada 28 personel dari SAR, Komunitas Jurang Jero, dan Komunitas Relawan Independen. Sedangkan Umbul Pluneng di Kebonarum sebanyak enam petsonel dari SAR dan KTB. Terakhir di kolam renang Tirta Indah sebanyak delapan personel dari SAR dan RAPI,” jelasnya saat ditemui di Mako SAR Klaten.

Berkaca dari pengalaman padusan pada tahun lalu, menurutnya, banyak pengunjung yang mengalami kram. Pihaknya pun menyiapkan peralatan keselamatan untuk mengantisipasi kecelakaan air, seperti pelampung, rescue tube, rescue cane, dragbar, oksigen, dan lain sebagainya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge