0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Subsidi Listrik Rumah Tangga Dihapus

dok.timlo.net/nanang rahadian
(Ilustrasi) Perbaikan jaringan listrik PLN (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Timlo.net – Subsidi listrik rumah tangga golongan 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA dihapus mulai 2016. Kementerian ESDM beralasan subsidi golongan tersebut tidak tepat sasaran. Sebagai gantinya, masyarakat akan diberi kartu sakti dari pemerintah.

“Maksudnya lebih tetap sasaran. Gitu saja,” kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jarman, Selasa (16/6).

Penerapan penghapusan subsidi listrik ini juga akan dilakukan secara bertahap. Caranya, dengan menaikkan tarif listrik sehingga subsidi mengecil. Selanjutnya, pemerintah secara bertahap juga mengeluarkan kartu.

“Pemerintah boleh ganti dengan kartu langsung tapi subsidinya masih ada kan nggak mungkin langsung ditarik, harganya sekarang yang 450 watt nggak sampai Rp 450/kwh padahal harga keekonomian Rp 1500/kwh. Jadi akan kami usulkan untuk dikurangi secara bertahap,” ujarnya.

Jarman juga tak menampik dengan penghapusan subsidi listrik, akan menyebabkan inflasi. Pihaknya berjanji bakal mengatur pola penghapusan dengan cara melihat daya beli masyarakat.

Walau berencana dihapus 2016, Kementerian ESDM tidak menjamin penghapusan bakal selesai dalam setahun. Jarman memprediksi bahwa tahun 2017, anggaran subsidi listrik masih diberikan.

“Tergantung DPR nanti jadinya berapa,” terangnya.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge