0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

50 Tenaga Transfusi Darah PMI Solo Diwisuda

dok.timlo.net/humas PMI Solo
Wisuda lulusan tenaga transfusi darah PMI Solo (dok.timlo.net/humas PMI Solo)
Solo — PMI Kota Surakarta meluluskan 50 tenaga transfusi darah yang telah mengikuti pendidikan selama satu tahun di LKP Kesehatan PMI Kota Surakarta,
Humas PMI Solo dalam rilis yang diterima Timlo.net menyebutkan, acara wiisuda digelar Selasa (17/6). Acara diawali stadium general oleh dr Asjikin Iman H Dachlan MHA, Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.
Tenaga transfusi darah di Indonesia saat ini masih sangat dibutuhkan, karena suplai SDM masih sangat sedikit dibandingkan dengan kebutuhannya. PMI Kota Surakarta sebagai salah satu penyedia jasa pendidikan tenaga transfusi darah pada saat ini mewisuda angkatan 3 dan 4. Hingga kini PTTD LKP Kesehatan PMI Kota Surakarta sudah meluluskan lebih dari 100 tenaga transfusi darah yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.
Menurut Direktur Pendidikan Tenaga Transfusi Darah PMI Kota Surakarta, dr H Titis Wahyuono MSi, dari 50 lulusan, 16 di antaranya sudah diterima kerja. “Sudah ada beberapa Unit Donor Darah di kabupaten/kota yang memesan lulusan tenaga transfusi darah dari PMI Kota Surakarta,” ungkapnya.
Program Pendidikan Tenaga Transfusi Darah ini merupakan kontribusi PMI Kota Surakarta turut andil dalam mengatasi  kekurangan tenaga transfusi darah di Indonesia.
“Lulusan Tenaga Transfusi Darah PMI Kota Surakarta harus kompeten dalam pelayanan penyediaan darah, mulai dari penyadapan darah, uji cocok serasi, dan serologi atau pemeriksaan infeksi menular lewat transfusi darah. Seperti dalam hal penyadapan darah standar kompetensi, masing-masing peserta didik minimal harus sudah melakukan 200 kali penyadapan darah terhadap donor darah. Diharapkan dengan standar kompetensi yang diterapkan ini lulusan tenaga transfusi darah di LKP Kesehatan PMI Kota Surakarta sudah siap kerja,” tambahnya. (*)

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge