0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perempuan Berpeluang Pimpin KPK

Destry Damayanti

Merdeka.com

Destry Damayanti

Timlo.net — Kini pendaftar calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lebih beragam. Hal ini lantaran pendaftar berasal dari berbagai profesi, ada pula partisipasi perempuan. Hal ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya di mana para pendaftar didominasi oleh laki-laki.

“Kalau kemarin ada 5 perempuan yang mendaftar. Untuk sekarang belum lihat lagi. Untuk seleksi calon pimpinan KPK kita tidak melihat gender,” kata Ketua Pansel KPK Destry Damayanti di lobi Kejagung, Jakarta Pusat, Selasa (16/6).

Menurut Destry, apabila para perempuan yang mendaftar calon pimpinan KPK memenuhi syarat, maka para perempuan tersebut memiliki peluang yang besar untuk terpilih menduduki posisi teratas di lembaga antirasuah tersebut.

“Kita obyektif kok dalam menilai. Kalau mereka bagus ya kita pilih. Jangan mentang-mentang pansel dari perempuan, kita bisa memilih dari gender yang sama,” tutur Ekonom Bank Mandiri tersebut.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Tony T Spontana mengatakan calon pimpinan KPK dari Kejagung ada keterwakilan dari perempuan.

“Nanti yang mendaftar sekitar 5 orang, tapi kalau tidak sekitar 3 orang. Di antaranya ada seorang perempuan yang juga mendaftar dari sini,” kata Tony seusai bertemu dengan pansel KPK.

Tony menambahkan sebelum tanggal 24 Juli 2014, pihak Kejagung akan melakukan seleksi kepada seluruh jaksa yang ada di Indonesia. Dia menerangkan, calon pimpinan KPK yang terpilih, harus terlebih dahulu bertemu dengan Jaksa Agung, HM Prasetyo.

Menurutnya, siapapun yang terpilih, harus memenuhi syarat administratif, rekam jejak yang baik, memiliki kapasitas, integritas dan profesionalitas.

[siw]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge