0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Konsumen Dihimbau Lebih Teliti Pilih Makanan

Petugas gabungan razia miras dan makanan diminimarket

timlo.net/tarmuji

Petugas gabungan razia miras dan makanan diminimarket

Wonogiri — Puluhan roti yang kedapatan tidak ada merek Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) dan tanggal kadaluarsa beredar di sejumlah minimarket di Wonogiri. Masyarakat dihimbau agar lebih teliti untuk memilih makanan. Terlebih saat bulan puasa.

“Meningkatnya konsumsi makanan pada Ramadan biasanya banyak produsen nakal menjual bahan makanan yang mengandung bahan berbahaya,” ujar Kasi Promosi Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) UMKM Wonogiri, Rudi Gunawan saat pantauan barang di minimarket wilayah Wonokarto, Selasa, (16/6).

Jelang Ramadan ini, pihaknya gencar melakukan pantauan barang bersama tim gabungan, polisi, satpol PP dan dinas-dinas terkait. Karena pada bulan Ramadan biasanya banyak makanan berbahaya beredar di pasaran. Dari pantauannya, ditemukan puluhan makanan tidak laik konsumsi. Makanan itu diketahui tidak menyertakan tanggal kadar luarsa, tidak bermerek hingga P-IRT.

“Kami tidak menyita makanan yang tidak laik konsumsi itu. Saya hanya meminta pada untuk penjual mengembalikan makanan itu kepada pemiliknya,” katanya.

Dia mengatakan, pemilik makanan itu bisa dijerat undang-undang (UU) perlindungan konsumen karena dapat membahayakan konsumen. Dia menghimbau makanan yang tidak laik konsumsi itu untuk dikembalikan kepada pemilik agar dilengkapi syaratnya. Pihaknya juga menengarai bahwa alkohol atau miras tidak lagi dijual di minimarket namun berpindah ke toko-toko kelontong di pelosok desa.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge