0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tim Pemugaran Candi Sukuh Tengarai Beberapa Bagian Tidak Asli

Candi Sukuh

timlo.net/nanang

Candi Sukuh

Karanganyar — Tim Pemugaran Candi Sukuh menengarai masih ada beberapa bagian candi yang sudah tidak asli lagi. Namun tim belum bisa memastikan bagian mana saja. Karena hal itu perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

“Kami akan  melakukan penelitian terlebih dahulu mengenai struktur batu penyusun atap tersebut, hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah batu-batu tersebut semuanya sudah tidak asli atau hanya sebagian saja,” kata Ketua Tim Pemugaran Candi Sukuh, Sudarmo kepada wartawan, Selasa (16/6).

Sudarmo menambahkan, hasil penelitian akan digunakan untuk rujukan pemugaran candi lebih lanjut. Dalam penelitian nanti pihaknya juga akan menginventarisir bagian mana saja yang sudaj tidak asli. Dan lebih spesifik lagi batu-batu penyusun candi yang sudah di ganti.

“Ya nanti kita inventarisir semua batu penyusunnya untuk pedoman pembongkaran selanjutnya,” katanya.

Ia mengaku, bakal melakukan pemugaran sebaik mungkin dan mengembalikan struktur candi seperti sediakala. Meskipun untuk menmugar candi tersebut tidaklah mudah dan perlu ketelitian dan kerja keras dari seluruh tim pemugar.

“Biaya untuk pemugaran sebesar Rp 900 juta dengan target pengerjaan 160 hari,” tegasnya.

Seperti diketahui Candi Sukuh dipugar karena struktur di bagian bawah candi mengalami penurunan level. Sehingga perlu dilakukan pemugaran untuk penguatan struktur fondasi agar nantinya candi tidak roboh dan kembai berdiri kokoh.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge