0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SCC Adakan Workshop Bike Fitting

Bike Fitting
Bike Fitting (dok.timlo.net/istimewa)

Solo – Komunitas sepeda balap atau road bike Solo Cycling Community (SCC) menggelar acara workshop bike fitting sepeda, Selasa (16/6) sore di Hotel Brothers. Puluhan peserta dalam workshop ini belajar tentang bike fitting.

“Acara ini diadakan karena melihat kebutuhan kita (anggota SCC), gak ada yang ngajarin cara sepeda yang benar, baik dan efisien dan enak,” kata Yoyo, salah seorang SCC.

Workshop ini diisi oleh Choonwei Tay, head fitter FITSKUUL, Singapura. Bike fitting, kata Choonwei adalah proses penyetelan dan pengepasan sepeda supaya sesuai dengan postur tubuh pesepeda. Hal ini penting untuk menghindari cidera pada lutut dan punggung. Selain itu, untuk memberikan kenyamanan bersepeda dalam jangka waktu lama.

“Bike fitting itu lebih ke arah seni dan bukan magic. Penyetelan dan pengepasan sepeda harus menyesuaikan dengan postur tubuh pesepeda, yang berbeda satu dengan yang lain,” terang Choonwei.

Proses fitting ini menggunakan Retül 3D Motion Capture System. Sistem tersebut membaca gerakan pesepeda saat mereka mengayuh sepeda dan memperhitungkan tiga gerakan. Alat ini memberikan data yang akurat sehingga sepeda bisa disetel dan dipas dengan benar.

Choonwei sendiri tidak datang ke Solo hanya untuk mengisi workshop. Pria asal Singapura ini berkata bahwa setelah ini dia dan SCC akan ke daerah Pendem, Mojogedang, Karanganyar. Sebelum ke Solo, Choonwei sudah sering diundang untuk melakukan bike fitting kepada berbagai komunitas sepeda gunung di berbagai kota di Indonesia. Dia mulai melakukan bike fitting di Indonesia sejak 2009.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge