0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Struktur Atap Candi Sukuh Diketahui Tidak Asli

Candi Sukuh dipugar ()
Karanganyar —  Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah menemukan struktur batu penyusun atap yang tidak asli saat melakukan pemugaran di Candi Sukuh, Karanganyar. Batu tersebut ditemukan saat proses pemugaran candi peninggalan abad ke 15 tersebut.
“Tim pemugar mengalami kesulitan untuk melepas batu. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata struktur batu bagian atap itu dikaitkan menggunakan semen dan menggunakan tulang besi,” kata Staf Pokja Balai Pengembangan dan Konservasi Borobudur, Ari Swastikawati kepada wartawan, kemarin.

Tim melakukan upaya paksa untuk melepas atap tersebut. Namun upaya itu akhirnya berdampak pada rusaknya sejumlah batu yang terkait dengan semen dan besi. Ari Swastikawati menyebutkan rekatan semen itu kemungkinan besar digunakan oleh tim pemugar candi pada tahun 1979 lalu.

“Mungkin besi dan semen itu digunakan saat dilakukan pemugaran pada tahun 1979, namun yang jelas metode rekatan semen saat ini sudah tidak berlaku lagi,” katanya.

Dia mengatakan tim pemugar akhirnya membongkar seluruh batu penyusun candi yang ada, namun nantinya saat pendirian kembali, batu-batu itu bakal diganti sesuai dengan kaidah yang berlaku pada saat ini. Hal itu disesuaikan seperti awal mula candi itu didirikan kali pertama.

“Kita usahakan sesuai dengan aslinya seperti saat candi itu dibangun,” ungkapnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge