0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lebaran, Tiket Masuk Grojogan Sewu Mulai Naik

Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Konservasi dan Lingkungan Hidup, Kementerian Kehutanan, Bambang Supriyanto (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Kementerian Kehutanan melalui PT Duta Indonesia Jaya selaku pengelola Taman Wisata Grojogan Sewu berencana menaikkan tarif masuk bagi para pengunjung. Dari semula yang hanya Rp 14.000 untuk hari libur menjadi Rp 15.000. Tarif baru akan diberlakukan saat libur Lebaran mendatang.

“Agar tidak terlalu memberatkan pengelola, kita berencana menaikkan harga retribusi masuk sebesar Rp 1.000 untuk setiap pengunjung,” kata Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Konservasi dan Lingkungan Hidup, Kementerian Kehutanan, Bambang Supriyanto, kepada wartawan, Senin (15/6).

Meski menerapkan bagi hasil, kata Bambang, namun pengelola tetap  harus menyetorkan uang kepada pemerintah pusat. Besaran setoran itu untuk hari Libur sebesar Rp 7.500 dari tertibusi masuk Rp 14.000 dan untuk hari biasa setoran kepada pemerintah sebesar Rp 5.000 dari retribusi masuk sebesar Rp 11.000.

Dengan kata lain, setiap retribusi masuk yang dipungut dari pengunjung, pengelola wajib menyetorkan uang Rp 2.000 ke Pemkab Karanganyar serta setoran untuk pemerintah pusat. Sedangkan sisanya bisa digunakan oleh pengelola untuk operasional serta pembiayaan gaji karyawan.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, sistem bagi hasil dinilai sudah cukup layak dan tidak memberatkan PT Duta Indonesia Jaya sebagai pengelola obyek wisata tersebut. Selain itu dengan sistem bagi hasil, pemkab bisa ikut menikmati uang yang dihasilkan dari obyek wisata itu, yang sebelumnya hanya disetorkan untuk pemerintah pusat saja.

“Sistem bagi hasil sebesar itu. Saya rasa cukup elegan dan nantinya bisa dilaksanakan dengan baik,” ucapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge