0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

8 Telaga Wonogiri Mengering, Ribuan Warga Terancam

Salah satu telaga di Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Musim kemarau baru berjalan beberapa bulan, namun bencana kekeringan di Wonogiri mulai terlihat. Dari sejumlah telaga yang ada di Kecamatan Pracimantoro kini mulai mengering. Akan tetapi masih ada beberapa sumber air yang menyimpan cukup air hingga dua sampai tiga bulan mendatang. Pemkab Wonogiri telah menyiapkan cadangan anggaran untuk bantuan air bersih.

“Ada 13 telaga sebenarnya, tapi hanya tinggal lima telaga yang masih mampu menyimpan air,” ujar Camat Pracimantoro, Warsito saat dijumpai wartawan di Wonogiri, Selasa (16/6).

Menurut dia, lima telaga itu masih mampu memenuhi kebutuhan hajat warga sekitar. Lima telaga itu meliputi, Telaga Sumberagung ada dua telaga, Telaga Bakalan,  Desa Gambirmanis, Telaga Joho Petir, dan Telaga Praci.

“Kualitas air dari telaga tersebut cukup jernih. Sejauh ini belum ada bantuan swasta lantaran belum adanya keluhan warga akan kekurangan air bersih,” katanya.

Warsito juga menambahkan, dengan keringnya delapan telaga itu mengancam hajat hidup ribuan warganya.

“Ada sekitar 4000-an warga kami bergantung dengan telaga itu,” imbuhnya.

Dijumpai terpisah, Bupati Wonogiri Danar Rahmanto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan bantuan air bersih sebanyak 100 tangki sebagai langkah permulaan bersumber dana dari APBD. Danar juga menyebut ada 100 tangki air bersih bantuan dari pihak swasta telah dititipkan ke Pemkab Wonogiri.

“Sudah kita siapkan tapi besaran anggarannya kita belum tahu. Yang jelas nanti jika masih kurang kita akan usahakan lagi,” tegasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge