0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Proses Adopsi Angeline Tidak Benar

Angeline

merdeka.com

Angeline

Timlo.net — Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohanna Yambise mengatakan, belum melihat proses adopsi yang dilakukan Margriet Christina Megawe terhadap Angeline dilakukan dengan benar sesuai prosedur yang ada. Menurut dia, salah satunya terlihat ketika Angeline dilarang menemui orangtuanya oleh Margriet hingga dia berusia 18 tahun.

“Angeline tidak melalui prosedur yang jelas, ibu kandung ini tidak boleh bertemu dengan Angeline sampai umur 18 tahun. Nanti kita lihat,” kata Yohanna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (15/6).

Padahal, menurut Yohanna, hak-hak anak harus tetap diberikan walaupun mereka diadopsi oleh orang lain. Salah satunya, anak harus diperbolehkan menemui orangtua kandungnya dan sebaliknya.

Dengan adanya kasus Angeline ini, kata Yohanna, pihaknya akan menelaah lebih lanjut mengenai undang-undang tentang adopsi. Apakah perlu direvisi atau tidaknya.

“Kita lihat kalau ada temuan baru kita akan revisi UU itu,” ujar dia.

Yohanna menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Menteri PAN-RB Yudhi Crisnandi, Kapolda Bali dan Komnas Perlindungan Anak terkait kasus tewasnya Angeline. Hal ini dilakukan agar pengusutan kasus tersebut dapat segera dituntaskan.

“Menteri PAN sedang mendampingi terus, koordinasi dengan Kapolda dan saya akan komunikasi dengan Aries Merdeka (Komnas PA) soal mengembalikan kembali hak asuh,” kata Yohanna.

Seperti diketahui bahwa Angeline menjadi anak angkat Margriet sejak umur tiga hari yang diambil dari pasangan suami istri dari Banyuwangi Rosidik dan Hamidah. Polda Bali sampai saat ini menetapkan Margriet Christina Megawe menjadi tersangka penelataran anak.

Sementara untuk kasus pembunuhan Angeline Polda Bali baru menetapkan Agus mantan pembantu ibu angkat Angeline sebagai tersangka. Angeline ditemukan tewas di belakang kandang ayam di rumahnya di Jalan Sedap Malam, Denpasar pada tanggal 10 Juni 2015 lalu.

[gil]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge