0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anas Desak KPK Agar Dirinya Dipindah ke Sukamiskin

Anas Urbaningrum (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melaksanakan putusan Mahkamah Agung (MA). Melalui kuasa hukumnya, Firman Wijaya, Anas meminta lembaga antirasuah segera mengeksekusinya ke lembaga pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

“Saya mendesak eksekusi terhadap putusan kasasi itu kan berlaku sejak putusan itu dibacakan jadi tidak ada alasan untuk menunda. Begitu pun pelaksanaan putusan Mahkamah Agung. Jadi siapapun itu jangankan penasihat hukum, jaksa penuntut umum KPK punya kewajiban melaksanakan,” kata Firman Wijaya di Gedung KPK, Jakarta, Senin (15/6).

Firman menilai, KPK lamban dalam mengeksekusi kliennya. Padahal, menurut Firman lembaga antirasuah itu tidak memiliki alasan untuk menunda pemindahan Anas ke Rutan Sukamiskin.

“Tidak ada alasan untuk menunda pelaksanaan eksekusi. Karena Jaksa punya kewajiban untuk melaksanakan, mestinya hari ini diberangkatkan tapi engga tahu jam berapa,” terang Firman.

Ketidakjelasan atas nasib Anas, Firman pun mengkritisi sikap KPK yang mengabaikan keputusan MA. Bahkan, dinilai Firman jika KPK tidak segera mengeksekusi Anas maka lembaga superbody itu telah melawan hukum.

“Konkritnya harus dilaksanakan. Kalau ditunda, tidak hanya protes tapi KPK tidak patuh terhadap perintah pengadilan,” tandas Firman.

[gil]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge