0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hitung Dokumen Dukungan Calon Independen, KPU Kerahkan 130 PPK

Klaten – Sejak dibukanya pendaftaran calon perorangan, ada dua bakal calon independen yang menyerahkan syarat dukungan ke KPU Klaten.

“Sebelum batas akhir pendaftaran pukul 16.00 WIB, pasangan Mustafid Fauzan dan Sri Harmanto, serta Polo Dirgantara dan Joko Suyono menyerahkan dokumen kelengkapan persyaratan,” ujar Ketua KPU Klaten, Siti Farida, Senin (15/6).

Dijelaskannya, sebagai calon independen, kedua pasangan tersebut harus mengantongi setidaknya 82.861 dukungan masyarakat yang minimal tersebar pada 14 kecamatan di Kabupaten Klaten. Hal itu dibuktikan dengan salinan KTP yang berformulir khusus.

“Kita menyiapkan dua ruangan dan mengerahkan sekitar 130 petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk menghitung jumlah daftar nama, jumlah KTP dan jumlah sebaran dukungan di masing-masing kecamatan. Karena hari ini kita harus menyelesaikan semuanya secepatnya agar pengecekan berlangsung lancar,” jelasnya.

Selepas mengecek validitas dokumen dukungan, lanjut Farida, dilakukan verifikasi faktual pada 26 Juni hingga 6 juli 2015. Kemudian dilanjutkan rekapitulasi syarat dukungan tingkat kabupaten pada tanggal 14 hingga 19 juli. Setelah itu pendaftaran pasangan calon pada 26 hingga 28 Juli 2015.

“Kita akan mengerahkan Panitia Pemungutan Suara [PPS] untuk mendatangi nama-nama yang tercantum dalam daftar dukungan oleh kedua pasangan dari rumah ke rumah. Hal itu untuk menghindari dukungan ganda, baik KTP maupun kesamaan dukungan,” lanjutnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge