0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terbentur Jadwal Ujian, Lomba Krenova Diikuti 17 Peserta

Peserta lomba Krenova mempresentasikan hasil karyanya

timlo.net/aditya

Peserta lomba Krenova mempresentasikan hasil karyanya

Klaten – Belasan pelajar jenjang SMA/SMK sederajat antausias mengikuti lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) 2015. Lomba yang berlangsung di Ruang Baladewa kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Klaten, Senin (15/6), memperebutkan hadiah piagam dan uang pembinaan dengan total Rp 9 Juta rupiah.

“Selain itu, bagi para pemenang akan ikut lomba serupa tingkat eks Karisidenan Surakarta dan berpotensi dibiayai oleh SKPD-SKPD pengguna teknologi yang bekerjasama dengan pihak perbankan. Hal itu sebagai sarana pengembangan karya agar dapat diproduksi secara massal,” jelas Kabid pendataan evaluasi penelitian dan pengembangan (PEPP) Bappeda Klaten, Nurul Bariyah, Senin (15/6).

Dijelaskannya, tujuan ajang ini untuk meningkatkan budaya kreatifitas dan inovasi pelajar, serta terciptanya produk unggulan daerah. Adapun lingkup lombak antara lain, bidang agrobisnis dan pangan, energi, kesehatan, rekayasa dan manufaktur, pendidikan, lingkungan hidup, dan kerajinan.

“Kita melibatkan lima orang juri dari unsur akademisi, dan lain sebagainya. Untuk penilaiannya, karya harus orisinil, dalam arti baru pertama kali ditemukan. Lalu, bahan baku sebaiknya mudah didapat, karena berkaitan dengan keberlangsungan produk yang bisa bermanfaat dalam jangka waktu lama,” jelasnya.

Kendati demikian, Nurul mengatakan, ada penurunan dari segi kuantitas peserta. Dari 21 peserta kategori pelajar pada tahun lalu, sekarang malah merosot hanya 17 peserta. Disinyalir, jadwal pelaksanaan lomba berbenturan dengan pelaksanaan ujian sekolah.

“Kalau sosialisai kita sudah gencar jauh-jauh hari. Bahkan, kita memundurkan jadwal pelaksanaan lomba jadi tanggal 15 Juni, yang seharusnya tanggal 10 Juni. Mungkin karena ada ujian dan mepet dengan bulan puasa. Sehingga persiapan mereka minim dan batal berlomba,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge