0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KADIN Solo Gandeng PUM Untuk Pemberdayaan UKM

dok.timlo.net
David R Wijaya (dok.timlo.net)

Solo – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Solo menggandeng Programma Uitzending Manager (PUM) untuk membantu para pelaku usaha  dalam meningkatkan produktifitas usahanya. PUM sendiri adalah organisasi sukarelawan entrepreneurs yang dibentuk oleh pemerintah Belanda bersama Kementrian Luar Negeri dan Kementerian Perindustrian untuk membantu pelaku usaha di negara berkembang.

“Melalui kerjasama ini kita berharap kedepan bisa saling bersinergi dan para UKM kita semakin matang dalam mengelola bisnis yang digelutinya,” ujar Waketum Bidang Industri, Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kadin Solo, M David R Wijaya kepada wartawan, Senin (15/6).

Ia menuturkan, pendampingan terhadap para pelaku usaha sangat dibutuhkan, apalagi dalam kondisi perekonomian indonesia yang kian terpuruk seperti sekarang ini.

Sementara itu, PUM Representative Yogyakarta-Solo, SR Yunastuti Daud menjelaskan untuk bisa mengikuti program pendampingan tersebut ada beberapa syarat kusus yang harus dipenuhi oleh para pelaku usaha.

“Beberapa syarat itu diantaranya adalah mereka yang memiliki omset kurang dari Rp 160 Miliar selama setahun, kepemilikan saham asing kurang dari 49 persen serta jumlah karyawan minimal 10 orang,” jelasnya.

Menurutnya proses pendampingan yang akan dilakukan oleh PUM tidak hanya sebatas konsultasi proses managemen usaha melainkan juga proses pemasaran.

“Jika memang sudah memenuhi standar ekspor tidak menutup kemungkinan kita akan pertemukan mereka dengan buyer di negara lain,” tandasnya.

Editor : Eddie Mutaqin

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge