0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Victor Laiskodat: BIN Nggak Perlu Diawasi

dok.merdeka.com

BIN

Timlo.net – Komisi I DPR berwacana membentuk Tim Pengawas Intelijen Negara. Tugasnya, bekerja mengawasi kinerja Badan Intelijen Negara (BIN).

Namun, Ketua Fraksi NasDem di DPR, Victor Laiskodat menyebut wacana tersebut tidak diperlukan. Lantaran, intelijen tidak perlu diawasi.

“BIN nggak perlu diawasi. Namanya intelijen mengapa diawasi?” kata Victor, Senin (15/6).

Anggota Komisi I DPR ini mengutarakan, pengawasan BIN menjadi tugas dari Presiden. Sehingga, apabila nantinya dibentuk tim pengawas, ia khawatir akan terjadi tumpang tindih kewenangan.

“Kalau BIN ya nggak bisa diawasi. Presiden yang mengawasi. Tidak perlu ada. Banyak lembaga yang mengawasi nanti jadi bingung,” katanya.

Seperti diketahui, Komisi I DPR akan mengajukan pembentukan tim pengawas berbarengan dengan uji kepatutan dan kelayakan calon Kepala BIN Letjen TNI (purn) Sutiyoso. Tim Pengawas Intelijen itu akan beranggotakan dari perwakilan setiap fraksi yang ada di DPR.

Tim tersebut akan bekerja mengawasi kinerja BIN, mewakili masyarakat. Termasuk melakukan penyelidikan jika nantinya ditemukan indikasi penyimpangan berkenaan tugas pokok dan fungsi BIN.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge