0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Petani Diimbau Segera Masuk Klomtan

Petani tengah menyemprot tanaman padi di sawah (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar —¬†Pemerintah Kabupaten Karanganyar tak henti-hentinya mengimbau kepada petani non kelompok tani (Klomtan) untuk segera masuk ke kelompok di wilayahnya. Pasalnya dengan masuk kelompok para petani akan mendapat lebih banyak keuntungan terutama dalam pembelian pupuk.

“Kami sudah menghimbau petani yang belum masuk kelompok supaya segera bergabung,” kata Plt Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan, Siti Maesyaroh, kemarin.

Siti menambahkan, sosialisasi terus dilakukan agar para petani segera bergabung ke kelompok. Salah satu keuntungan jika mereka menjadi anggota kelompok adalah, mereka tidak lagi kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi, karena kebutuhannya masuk dalam RDKK.

“Hal yang paling krusial adalha masalah pupuk, jika mereka menjadi anggota kelompok, masalah pupuk akan menjadi mudah,” jelasnya.

Masuknya petani ke klomtan, juga bisa memperkuat posisi tawar mereka. Sehingga mereka tidak selalu kalah dengan permainan harga para tengkulak maupun pengepul, saat musim panen tiba.

Seperti diketahui, sekitar 20 persen petani di Karanganyar belum masuk ke kelompok tani (Klomtan) yang ada di wilayahnya. Padahal, tanpa masuk ke klomtan, mereka akan kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi.

Saat ini terdapat 1.163 Klomtan, yang tersebar di seluruh wilayah. Tiap Klomtan beranggotakan 30 hingga 40 petani. Dengan persentase tersebut, berarti ada lebih dari 8 ribu petani, yang hingga kini belum masuk kelompok.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge