0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bank Century Antar Ruddy Tri Santoso Jadi Doktor

dok.timlonet/tyo eka
Ruddy Tri Santoso raih gelar doktor di UNS (dok.timlonet/tyo eka)

Solo — Bank Century (BC) secara kinerja keuangan tidak layak untuk memperoleh bail-out dari pemerintah disebabkan rasio Capital Adequacy Ratio (CAR) nya selalu di bawah batas minimal peraturan Bank Indonesia, dan sering terjadi fraud di internal bank yang ditutupi dengan tidak dilakukannya pencadangan Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif.

“Secara teori ilmu keuangan tidak layak, jika penyertaan modal sementara atau bailout hanya sekadar untuk menyelamatkan BC,” jelas Ruddy Tri Santoso, mahasiswa Program Doktor Ilmu Ekonomi FEB Universitas Sebelas Maret (UNS) saat mempertahankan disertasinya di dewan penguji, di Kampus UNS Solo, Senin (15/6).

Sementara itu, disertasi yang dipertahankan berjudul Corporate Governance, Fraud, Penyelamatan Bank Bermasalah dan Sistem Kepercayaan Perbankan Nasional Dalam Arena Kepentingan Politik (Kritisi Penyelamatan PT Bank Century, Tbk).

Pada saat krisis finansial, menurut Ruddy yang akhirnya berhasil meraih gelar doktor itu, penyelamatan sebuah bank dilakukan untuk meredam gejolak sistem perbankan yang mengarah pada situasi non ekonomi. Hal itu dilakukan untuk menjaga stabilitas sistem perbankan nasional. Selain aspek ekonomi yaitu too big dan too interconnected to fail perlu dipertimbangkan aspek non ekonomi yaitu too politically problematic to fail, untuk menjafa kepercayaan terhadap pemerintah dalam mencitapkan stabilitas sistem perbankan nasional.

Ditambahkan, penyelamatan sebuah bank perlu menghindari kepentingan politis yang melibatkan arena kepentingan para agen resmi dan tidak resmi dalam pengambilan kebijakan tersebut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge