0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Botol Air Ini Menyala Saat Anda Butuh Minum

HidrateMe

Dok: Timlo.net/Mashable.com

HidrateMe

Timlo.net—Sekarang ini, ada banyak botol air minum yang berwarna dan trendi. Tapi botol air cerdas yang mengingatkan Anda kapan untuk minum? Tidak banyak.

Botol air HidrateMe mengeluarkan cahaya saat botol ini mendeteksi Anda mungkin dehidrasi. Mantan analis data Nadya Nguyen dan timnya mengembangkan botol air mineral pintar ini, yang menggunakan sebuah sensor dan aplikasi smartphone yang berfungsi sebagai alat untuk menjaga Anda tetap terhidrasi dan sehat.

Aplikasi gratis yang tersinkronisasikan lewat Bluetooth akan melacak berapa banyak air yang Anda minum dan memperkirakan berapa banyak yang harusnya Anda minum. Perhitungan ini berdasarkan fisiologi Anda seperti berat badan dan tinggi tubuh juga perhitungan lokasi misalnya ketinggian dan kelembaban. Jika Anda gemar berolahraga, botol ini akan terhubung dengan akun aplikasi olahraga seperti Fitbit atau Jawbone. Tim HidrateMe bekerja sama dengan para ahli kesehatan di Kansas University untuk menghitung informasi ini.

Botol ini telah mengumpulkan uang senilai $200 ribu. Padahal dalam kampanye penggalangan dana mereka di Kickstarter, mereka mentargetkan untuk memperoleh $35 ribu. Botol ini dijual senilai $39 (Rp519 ribu) dan akan dikirim beberapa bulan ke depan.

Ide pembuatan botol ini berawal dari Nguyen yang merasa lelah dan sakit kepala pada Juli 2014 saat dia naik bus setelah 10 jam menjadi relawan. Dia lupa minum air mineral sama sekali. “Saya kira saya cukup sadar tentang hidrasi, dan hal ini mengingatkan saya betapa mudahnya untuk lupa (minum) saat hidup kita sibuk,” kata Nguyen kepada Mashable.

Dehidrasi seringkali muncul saat kita lupa minum air mineral dan menyebabkan kita merasa pusing dan kram otot. Kondisi ini bisa berbahaya. Jadi Nguyen menyakinkan beberapa alumni University of Minnesota untuk bergabung di acara Startup Weekend 2014 yang diadakan oleh Google For Entepreneurs di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat (AS). Dalam 54 jam, mereka menciptakan prototipe botol ini menggunakan botol Nalgene dan menempelkan papan sensor dengan tali rambut Nguyen. Mereka meraih posisi ketiga.

Langkah mereka selanjutnya adalah berhenti kerja dan bergabung dalam program mentorship intensif tiga bulan, Sprint Mobile Health Accelerator Program yang dilakukan Techstars. Tujuan program ini untuk mendanai penciptaan teknologi berikutnya di bidang kesehatan seluler.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge