0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rayakan Ultah, SMPN 3 Bayat Gelar Festival Seni Jathilan

Festival seni Jathilan tingkat SD se Kawedan Pedan, Klaten

timlo.net/aditya wijaya

Festival seni Jathilan tingkat SD se Kawedan Pedan, Klaten

Klaten – Belasan grup kesenian Jathilan memeriahkan Festival Jathilan tingkat Sekolah Dasar Negeri (SDN) se- Kawedanan Pedan, Minggu (14/6). Mereka beratraksi unjuk kebolehan di Halaman SMPN 3 Bayat, yang terletak di Jalan Ki Hadjar Dewantara No 1, Wiro, Bayat, Klaten.

“Festival ini salah satu rangkaian acara untuk memperingati ulang tahun SMPN 3 Bayat atau Estib ke-12 yang jatuh tanggal 16 Juni nanti. Adapun pesertanya ada 12 kontestan dari SD se Kawedanan Pedan,” jelas Kepala SMPN 3 Bayat, Agus Tri Purwanto, Minggu (14/6).

Menurut dia, ajang ini merupakan salah satu cara untuk melestarikan dan mengembangkan seni tradisional, khususnya jathilan, kepada anak-anak sejak usia dini. Dengan berkembangnya jaman dan tekhnologi, anak-anak bisa mencintai seni budaya yang berlandaskan kearifan lokal.

“Kita berharap gelaran festival jathilan ini bisa diadakan setiap tahun sekali dan tahun depan Estib bisa menggelar festival jathilan tingkat Kabupaten. Kalau bisa SMP lainnya juga bisa menggelar acara seperti ini. Pasalnya, seni jathilan merupakan warisan adiluhung dan kita wajib nguri-nguri, jangan sampai diaku-aku atau diklaim sebagai warisan negara tetangga,” imbuhnya.

Pemenang pertama dalam festival itu diraih grup jathilan asal SDN 1 Munggung dari Kecamatan Karangdowo. Disusul, grup jathilan putri dari SDN 1 Kebon, Bayat, sebagai juara 2, dan grup putri SDN 1 Banyuripan, Bayat, juara 3.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge