0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kualifikasi Euro 2016

Italia Curi Poin di Markas Kroasia

Kiper Juventus, Gianluigi Buffon (c) AFP (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Italia berhasil mencuri satu poin atas tuan rumah Kroasia dalam kualifikasi Euro 2016 Grup H. Azzurri menahan imbang Kroasia 1-1 di Stadion Poljud, Split, Sabtu (13/6) dinihari.

Pertandingan yang digelar tanpa penonton ini, penuh kontroversial. Kroasia mendapat peluang mencetak gol saat eksekusi penalti Mario Mandzukic di menit ke enam. Namun tendangan striker Atletico Madrid itu mampu digagalkan Gianluigi Buffon.

Keputusan kontroversi wasit Martin Atkinson terjadi di menit 10. Wasit asal Inggris itu menganulir gol Stephan El Shaarawy. Striker AC Milan dianggap sudah berada dalam posisi offside. Namun tayangan ulang menunjukkan bahwa El Shaarawy masih onside saat Graziano Pelle mengirim assist.

Saat para pemain Italia melakukan protes, Kroasia melakukan serangan cepat ke daerah pertahanan Italia. Ivan Rakitic bisa membawa bola dan mengirimkannya kepada Mario Mandzukic, yang dengan tenang menaklukkan Buffon.

Dalam tayangan ulang menunjukkan bahwa Mandzukic berada dalam posisi offside ketika Rakitic mengirim assist. Namun wasit tetap mengesahkan gol itu dan bahkan memberikan kartu kuning kepada Buffon yang mengajukan protes.

Italia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-36. Tendangan bebas Andrea Pirlo mengenai tangan Mandzukic. Wasit pun menunjuk titik putih, kali ini untuk keuntungan Italia. Antonio Candreva dengan tenang melakukan eksekusi itu dengan panenka.

Pada babak kedua, pertandingan berjalan lebih seimbang meski intensitas serangan dari kedua tim menurun. Pertarungan lebih banyak terjadi di lini tengah sehingga tak banyak peluang bagus yang tercipta.

Kapten tim Kroasia Darijo Srna diusir keluar pada ujung pertandingan setelah menerima kartu kuning kedua. Hingga laha berakhir, skor 1-1 tetap bertahan.

Dengan hasil ini, Kroasia masih memimpin Grup H dengan 14 poin dari enam pertandingan. Italia berada di peringkat dua dengan 12 poin.

Susunan Pemain Kroasia: Subasic; Srna, Vida, Schildenfeld, Pranjic (Vrsaljko, 73′); Brozovic, Rakitic; Perisic, Kovacic (Leovac, 90′), Olic (Rebic, 46′); Mandzukic.

Susunan Pemain Italia: Buffon (Sirigu, 46′); Darmian, Bonucci, Astori, De Silvestri (De Sciglio, 27′); Marchisio, Pirlo, Parolo; El Shaarawy (Ranocchia, 80′) Pelle, Candreva.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge