0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

5 Kades Dilaporkan ke Polres Wonogiri

Heru S Notonegoro

timlo.net/tarmuji

Heru S Notonegoro

Wonogiri – Kasus korupsi PD BKK Eromoko Wonogiri memasuki babak baru. Setelah Kejari Wonogiri, Kejati, serta Kejaksaan Agung dipraperadilankan, kini lima kepala desa dilaporkan ke Mapolres Wonogiri. Mereka diduga melakukan tindak pidana pemalsuan surat-surat tentang tafsir harga tanah.

“Laporan  sudah kita dilayangkan ke Polres Wonogiri dengan nomor tanda terima laporan polisi STTP/20/VI/2015/RESKRIM. Diterima oleh petugas piket Bripka Joko Afriyanto di Polres Wonogiri,” terang pengacara asal Solo, Heru S Notonegoro, Jumat (12/6).

Kuasa hukum Tri Wahono ini menambahkan, sesuai dengan Keputusan Direksi BKK Eromoko Nomor 518/03/SK.DIR/XI/2009 tentang pemberian kredit kepada pihak ketiga. Pada huruf B angka 3 menyebutkan, salah satu persyaratan administratif yang harus dipenuhi oleh nasabah jika yang digunakan sebagai jaminan adalah sertifikat tanah, maka nasabah harus melampirkan surat keterangan harga tafsir tanah dari kepala desa setempat.

“Kejaksaan menyebut bahwa salah satu indikasi klien saya ditahan sebagai tersangka adalah surat keterangan harga tafsir tanah dari kepala desa yang diajukan oleh nasabah yakni almarhum Sutris diduga dinaikan atau dimark up,” kata Heru.

Pihaknya meyakini bahwa sesuai hasil pemeriksaan Kejaksaan kepada klienya baik sebagai saksi maupun tersangka, surat keterangan harga tafsir tanah dari kepala desa tersebut adalah palsu.

“Kami menduga kuat telah terjadi pembuatan surat palsu dan memasukan keterangan palsu ke dalam akta otentik, serta menggunakan surat palsu sebagaimana diatur dalam pasal 263 ayat 1 dan 2 dan pasal 266 ayat 1 dan 2 KUHP,” tegasnya.

Dari tujuh surat keterangan harga tafsir satu diantaranya yakni, surat keterangan Kepala Desa Jatirejo Kecamatan Girimarto, Wonogiri tentang harga taksir tanah sertifikat tanah HM No: 1433 tertanggal 26 Maret 2012, dicap dan ditandatangani.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge