0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Javanologi Bakal Gelar Seminar Nasionalisme dan Pemikiran Bung Karno

Sahid Teguh Widodo

timlo.net/tyo eka

Sahid Teguh Widodo

Solo – Pusat Studi Javanologi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan menggelar Seminar Nasional bertema Nasionalisme dan Pemikiran Bung Karno untuk Indonesia, di Gedung Pusdiklat UNS, Senin (15/6) mendatang.

”Ada tiga narasumber utama yang akan dihadirkan dalam seminar tersebut, yaitu Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Kepala Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Suyatno, dan dari Pusat Studi Javanologi UNS, Isharyanto. Nilai-nilai nasionalisme dan pemikiran Proklamator Indonesia, Soekarno, bakal diulas,” ujar Kepala Pusat Studi Javanologi LPPM UNS, Sahid Teguh Widodo, Jumat (12/6).

Menurut Sahid, pemahaman nasionalisme di Indonesia, baik pada tataran pemikiran maupun tataran praksis telah mempengaruhi sejarah pembentukan dan pertumbuhan Bangsa Indonesia. Pemikiran Presiden Pertama Indonesia tentang nasionalisme tak terlepas dari pemahaman dan pembacaannya atas situasi dan kondisi Bangsa Indonesia pada masa pergerakan.

Nasionalisme Bung Karno merupakan suatu kerangka bersama bagi semua aliran pergerakan di Indonesia. Konsep nasionalisme ini telah mampu memberikan persepsi tentang identitas kebangsaan dalam bingkai persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan cita-cita Indonesia yang merdeka, berdaulat, adil, dan makmur.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge