0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sutradara Muda Tak Boleh Kalah Bersaing

dok.timlo.net/achmad khalik
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, Eny Tyasni Suzana (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo – Dinas Pariwisata kota Solo kembali menggelar pagelaran Festival Kethoprak 2015. Berbeda dengan tahun-tahun yang lalu. Festival yang digawangi oleh penggiat Kethoprak Muda Kota Bengawan ini, digelar tidak dalam bentuk perlombaan.

“Kali ini kami memang sengaja tidak membuat sistem perlombaan, karena kita ingin mendorong sutradara Kethoprak muda untuk bisa ikut. Kalau dibikin lomba takutnya sutradara muda kalah bersaing dengan sutradara yang sudah berpengalaman,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Eny Tyasni Suzana, Sabtu (12/6).

Selain perbedaan sistem perlombaan, acara yang tiap tahun digelar di gedung Kethoprak Balekambang juga dipindahkan ke pelataran pasar Ngarsopuro. Eny beralasan, pemindahan ini untuk mendekatkan pertunjukan Kethoprak dengan pasar anak muda yang biasa nongkrong di kawasan Ngarsopuro.

“Kalau dulu di Balaikambang ditonton komunitasnya saja, sekarang dialihkan ke Ngarsopuro sehingga lebih dekat dengan penonton kawula muda,” kata dia.

Festival akan digelar selama dua hari mulai hari ini hingga minggu (13/6) besok. Setiap hari akan digelar dua pertunjukan. Uniknya, salah satu penyaji adalah kelompok Kethoprak yang berasal dari siswa SMA.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge