0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Fit and Proper Test, Sutiyoso Bakal Ditanya Soal Kudatuli

dok.merdeka.com

Sutiyoso

Timlo.net – Calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutiyoso, akan menjalani fit and proper test usai pembahasan surat pengajuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) selesai di tingkat DPR.

“Sistem mekanisme intelijen yang akan diterapkan. Karena kan sistemnya berbeda dengan yang dulu, sudah bukan lagi eksekutor,” kata Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin, Jumat (12/6).

Ketika ditanya soal kasus penyerbuan kantor DPP PDI tahun 1996 lalu atau yang biasa disebut peristiwa Kudatuli, Politikus PDIP ini menambahkan, hal itu juga akan ditanyakan oleh pihaknya nanti. Sutiyoso kerap dikaitkan dalam peristiwa ini, karena saat itu, Sutiyoso menjabat sebagai Pangdam Jaya.

“Nanti intinya saya akan mengingatkan agar sistem-sistem seperti yang dilakukan pada saat Kudatuli itu tidak digunakan lagi. Kudatuli itu sudah ditinggalkan,” tutur Hasanuddin.

Sementara soal fit and propertes calon Panglima, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, dia mengatakan, akan mempertanyakan program kedisiplinan perwira dan profesionalisme prajurit TNI.

“Seputar Minimum Essential Force dan sengketa tanah yang selama ini terjadi,” jelasnya.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge