0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Bentuk Tim Evaluasi Kontrak Freeport

dok.merdeka.com
PT Freeport (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago ditunjuk jadi pemimpin Tim Evaluasi Sumber Daya Alam di Papua. Salah satu tugasnya, mengevaluasi kontrak pertambangan milik PT Freeport Indonesia. Andrinof Chaniago ditargetkan, evaluasi kontrak Freeport rampung ulan akhir tahun ini.

“Tugas kami ditargetkan hingga bulan Desember tapi setiap bulan kami harus melapor ke Presiden,” ujar dia di kantornya, Jakarta, kemarin.

Andrinof menjelaskan salah satu tugas tim yang dipimpinnya, mengkaji sumber tambang Freeport yang nantinya akan menjadi acuan Jokowi dalam merumuskan pemberian izin tambang.

“Tim ini akan mengidentifikasi potensi serta peluang pemanfaatan sumber daya alam dan akan merekomendasikan hasil kajian kepada presiden,” katanya.

Kajian ini juga membuka kemungkinan perusahaan lokal dan BUMN bekerja sama dengan Freeport dalam mengelola tambang emas terbesar tersebut.

“Itu semua (hasil kajian) akan menjadi masukan Presiden dalam menentukan bagaimana ke depannya,” ungkapnya.

Tidak hanya tambang Freeport, tim ini mengkaji seluruh sumber daya alam. Baik potensi gas bumi, perkebunan, hingga sumber daya air. Dia tidak menampik, saat ini rakyat Papua tidak banyak menikmati hasil buminya sendiri.

“Makanya apabila dari hasil kajian tersebut merekomendasikan bisa diolah lagi di Papua, maka akan lebih baik bagi masyarakat Papua,” jelasnya.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge