0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ultah ke 102, BPCB Jateng Gelar Purbakala Fair 2015

Pengunjung memadati Purbakala Fair 2015

timlo.net/aditya wijaya

Pengunjung memadati Purbakala Fair 2015

Klaten – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Purbakala Fair 2015. Gelaran selama lima hari, Kamis hingga Senin (11-15/6) ini dalam rangka perayaan ulang tahun ke 102 balai yang dahulu bernama Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala itu.

“Event ini baru pertama kali kita selenggarakan. Sebagai wujud kemitraan pelestarian dan pemanfaatan cagar budaya, ajang ini didanai oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko,” kata Kepala BPCB Jawa Tengah, Sri Ediningsih, Kamis (11/6).

Dijelaskannya, Purbakala Fair memamerkan kekayaan cagar budaya di Jawa Tengah. Mulai dari era Pra Sejarah, munculnya kerajaan Hindu-Buddha serta Islam, dan era kolonial. Tujuannya, untuk mengedukasi anak-anak usia sekolah, khususnya di Kecamatan Prambanan dan Manisrenggo yang berdekatan dengan BPCB Jateng.

“Kita care-nya memang di pelestarian. Tapi setelah itu lalu apa? Apakah sekadar peninggalan batu itu diisik-diisik oleh juru pugar? Ajang ini merupakan sarana menginformasikan sekaligus apresiasi kepada masyarakat, tetapi tetap berpangkal pada kelestarian,” jelasnya.

Dari pantauan Timlo.net, sejumlah replika seperti gedung Lawang Sewu Semarang, Masjid Menara Kudus, manekin pasukan keraton, hingga manusia jaman purba, menghiasi salah satu ruangan di kantor yang berlokasi di Jalan Manisrenggo Km 1, Prambanan, Klaten itu.

Tidak hanya pameran, BPCB juga menggelar acara talk show, lomba Stand Up Comedy, Telusur Sepeda Budaya dan lomba mewarnai tingkat SD untuk membumikan kekayaan cagar budaya di Jawa Tengah.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge