0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemendag Dorong Perpres Pengendalian Harga

Pengendalian Harga

timlo.net/setyo puji s

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel (paling kanan) saat melakukan pemantauan harga-harga di Pasar Gede Solo, Kamis (11/6)

Solo – Kementerian Perdagangan mendorong adanya Peraturan Presiden (Perpres) untuk melakukan pengendalian harga kebutuhan pokok jelang perayaan hari raya. Hal itu dilakukan karena menjelang hari raya harga kebutuhan pokok di pasaran selalu meningkat tajam sehingga banyak masyarakat justru yang jadi korban.

“Di laur negeri seperti di Malaysia itu sudah melakukan hal demikian. Sehingga jika sedang dalam kondisi permintaan tinggi seperti jelang prayaan hari raya, harga tetap bisa terkendali kenaikanya,” ujar Menteri Perdagangan Rachmat Gobel saat melakukan pemantauan harga-harga di Pasar Gede Solo, Kamis (11/6).

Ia menuturkan untuk merealisasikan hal tersebut pihaknya berharap ada kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya adalah Kementerian Koperasi. Sehingga persoalan para petani bisa terakomodir ketika sedang tidak maksimal dalam menghasilkan produknya.

“Sehingga meskipun harga daging ayam jelang Ramadan sekarang ini naik, menurut saya masih hal yang wajar. Karena sebelumnya para peternak ayam mengaku rugi karena harganya sempat jatuh. Kalau ini kita tekan lagi biar harganya turun, tentu kurang bijak ketika melihat persoalan kerugian yang peternak hadapi sebelumnya,” jelasnya.

Oleh karena itu untuk menjaga keseimbangan agar para petani tidak dirugikan dan masyarakat juga tidak terbebani, pihaknya mendorong perlu adanya regulasi kusus yang mengatur mengenai hal itu.

Sementara itu dari pantauan harga yang dilakukan di Pasar Gede, beberapa komoditas yang sudah mengalami kenaikan harga jelang Ramadan ini diantaranya adalah daging ayam dari sebelumnya Rp 23 ribu sekarang naik menjadi Rp 30 ribu perkilo gram, telur bebek dari sebelumnya Rp 1.700 perbiji sekarang naik menjadi Rp 2 ribu per biji, kacang tanah dari sebelumnya Rp 21 ribu per kilogram sekarang naik menjadi Rp 24 ribu per kilogram, merica dari sebelumnya Rp 180 per kilogram sekarang naik menjadi Rp 200 ribu per kilogram.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge