0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disuap, Pencari Suaka Diminta Putar Balik ke Indonesia

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Australia diklaim berbuat curang dengan membayar puluhan orang pencari suaka agar kapal mereka berputar kembali ke Indonesia. Kasus ini sudah ditangani oleh kepolisian Kepulauan Rote, Kupang. Aparat setempat masih menginterogasi kapten dan awak kapal.

“pihak Indonesia masih menginterogasi seorang kapten kapal dan ABK yang diindikasi menerima suap dari pemerintahan Autralia guna mengembalikan kapal pencari suaka tersebut ke Indonesia,” kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanatha Nasir, Kamis (11/6).

Arrmanatha mengatakan tuduhan yang beredar mereka disuap sebanyak Rp 66,5 juta per orang. Hal itu dilakukan agar para pencari suaka kembali ke Indonesia.

Kapal yang mengangkut 65 orang itu diusir oleh otoritas perbatasan Australia pada awal bulan ini. 65 orang itu terdiri dari 54 orang Sri Lanka, 10 orang Bangladesh, dan seorang warga Myanmar.

Keterlibatan pemerintah Australia dalam hal ini masih diteliti, namun kapten kapal sudah mengakui bahwa benar dirinya menerima suap walaupun tidak mau mengatakan dari siapa uang itu berasal.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge