0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ganjar Resmikan Gedung Rehabilitasi Pecandu Napza

Ganjar Pranowo memotong pita peresmian Gedung Instalasi rehabilitasi pecandu Napza di RSJD Soedjarwadi Klaten

timlo.net/aditya

Ganjar Pranowo memotong pita peresmian Gedung Instalasi rehabilitasi pecandu Napza di RSJD Soedjarwadi Klaten

Klaten — Kasus penyalahgunaan Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif (Napza) di Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Sedangkan di Jawa Tengah, berdasarkan data Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng, 1,89 persen diantaranya diindikasikan sebagai pecandu napza.

“Saya sangat bersemangat ketika BNNP datang dan bercerita ingin mengubah paradigma pecandu narkoba. Mereka yang kecanduan dan ingin sembuh, baik secara sukarela maupun karena persoalan hukum, harus benar-benar diobati untuk menjalani rehabilitasi,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Rabu (10/6) malam.

Dalam kunjungannya ke Klaten, Ganjar meresmikan gedung Instalasi Rehabilitasi Ketergantungan Obat (Napza) di RSJD Dr. RM. Soedjarwadi. Ia juga mendukung Gerakan Nasional Rehabilitasi 100 ribu pecandu. Pasalnya pada tahun 2015 ini, Jateng ditarget menyembuhkan 4.439 pecandu narkoba.

Lantas ia pun bercerita tentang seorang anak dari temannya yang kecanduan narkoba. “Narkoba tidak hanya menyerang secara fisik. Bahkan anak itu jadi nyolongan, ngutil. Ada kipas angin dijual, dan terakhir sendok dirumahnya pun ikut dijual. Kasihan bapak ibuknya terpukulĀ  habis-habisan. Ngenes melihat anaknya kecanduan,” ceritanya di Rumah Sakit yang berlokasi di Danguran, Klaten Selatan itu.

Saat hangat-hangatnya pro kontra hukuman mati bagi penjahat narkoba, dia menyampaikan setuju dengan hukaman tersebut. “Penjahat-penjahat narkoba itu ditembak saja. Sudahlah tidak usah ragu-ragu. Bismillah saja itu dilaksanakan. Orang boleh bicara HAM dan hal lainnya, tapi kalau ada orang yang berani jualan bahkan didalam penjara, Edan itu namanya,” geramnya.

Sebelum bertolak jagong ke pernikahan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming, Ganjar mengunjungi Kelompok Usaha Bersama Serba Usaha Manis Abadi (KUB SUMA) yang bergerak dibidang gula merah di Desa Kurung, Kecamatan Meter. Setelah itu, Ganjar meresmikan gedung rehabilitasi bagi pecandu napza tersebut.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge