0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembayaran Raskin 2 Desa Selalu Telat

Gudang Bulog Karanganyar2

timlo.net/nanang

Gudang Bulog Karanganyar

Karanganyar — Dua desa di wilayah Kecamatan Jaten yakni Sroyo dan Ngringo, masuk dalam catatan Gudang Bulog Karanganyar. Pasalnya dua desa tersebut selalu telat hingga satu bulan dalam pembayaran beras untuk rakyat miskin (raskin) sejak beras diterima.

“Kami menerapkan sistem cash and carry dalam pembayaran raskin. Beras dibayar dulu, sebelum didistribusikan,” kata Kepala Gudang Bulog Karanganyar Joko Suwondo.

Hampir seluruh desa/kelurahan di Karanganyar, mengikuti sistem tersebut dengan baik. Mereka selalu menyetorkan uang pembayaran melalui bank yang ditunjuk, sebelum raskin didistribusikan ke wilayah mereka.

“Tapi ada dua desa, yang pembayarannya kerap mundur yakni Sroyo dan Ngringo. Jadi uang dibayarkan setelah beras didistribusikan,” kata Joko.

Meski demikian, pihaknya tetap mendistribusikan beras ke dua wilayah itu, karena ada yang menjamin bahwa uang akan dibayarkan. Joko tidak tahu persis, penyebab mundurnya pembayaran raskin dari dua desa tersebut. Yang jelas, dari pengalaman selama ini, dalam tempo satu atau dua pekan setelah beras terdistribusi, dua desa tersebut menyetorkan uang pembayarannya.

“Jadi tidak sampai nunggak. Ya hanya mundur satu atau dua pekan itu. Paling lama satu bulan. Tapi sudah berlangsung cukup lama. Dan kami selalu berkoordinasi dengan pemerintah, terkait hal itu,” jelasnya.

Joko menambahkan, terhadap dua desa tersebut, pihaknya hanya sebatas memberi teguran lisan untuk segera melunasi pembayaran.

“Tidak sampai distop distribusinya, lah. Kasihan warga penerima raskinnya, kalau sampai seperti itu. Lagipula, sebelum distribusi bulan berikutnya dilakukan, uang pembayarannya sudah disetorkan,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge