0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPR Klaim Besaran Anggaran Aspirasi Bersifat Relatif

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Badan Anggaran DPR mengajukan dana aspirasi senilai Rp 20 Miliar per anggota pada RAPBN 2016. Jika dihitung, total anggaran aspirasi untuk 560 anggota DPR mencapai Rp 11,2 Triliun.

Dari sisi kalangan dewan, anggaran sebesar itu masih tergolong relatif. Tingkat kebutuhan masing-masing daerah diklaim berbeda.

“Itu masih relatif, masih sebatas memenuhi aspek pemerataan. Bisa saja Rp 20 M tidak cukup. Yang terpencil butuh bendungan. Ini anggota punya hak bisa ajukan bendungan karena sangat penting,” kata Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan, Rabu (10/6).

Taufik menambahkan, dana aspirasi ini merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang MD3 melalui rapat konsultasi antara Badan Anggaran dan Menteri Keuangan. Menurut Taufik, dalam pelaksanaan UU MD3 ada klausul, pengambilan sumpah anggota untuk memperhatikan pembangunan dapilnya.

“Di UU tidak diatur besaran tapi perkembangan dari pembahasan. Harus ada besaran dan itu relatif. Perlu ada alokasi sementara,” imbuh Wakil Ketua Umum PAN ini.

Lebih jauh, Taufik menerangkan, dana itu nantinya akan disalurkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang mekanismenya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Proses penyaluran anggaran melalui APBN dan APBD. Mekanismenya lewat APBD. Kita tak menyentuh dana tersebut. Jika ada silpa akan dikembalikan,” tandasnya.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge