0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sutiyoso Dipilih, Komisi I DPR Permasalahkan Usia

dok.merdeka.com

Sutiyoso

Timlo.net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Letjen TNI Purn Sutiyoso sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Sutiyoso bakal menggantikan Kepala BIN saat ini, Marciano Norman.

Namun, Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq menyayangkan usia Sutiyoso yang sudah mencapai 70 tahun. Bahkan, dia menyebut hal ini bisa menjadi kendala.

“Kalau di bidang intelijen, dia bukan orang baru. Dia punya pengalaman. Tapi dari sisi usia ini agak relatif, apakah akan bisa jadi kendala atau tidak nanti dilihat dalam fit and proper test,” ujarnya, Rabu (10/6).

Dia pun berharap agar Sutiyoso dalam uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I DPR dapat menunjukkan bahwa umur bukanlah kendala baginya untuk menjadi Kepala BIN.

“Tapi kalau nanti dilihat dalam uji kelayakan faktor usianya negatif, maka tentu itu jadi kendala,” tukasnya.

Tidak cukup sampai di situ, politikus PKS ini juga menilai seorang kepala BIN tidak boleh diisi oleh orang dari partai politik. Pasalnya, BIN merupakan alat intelijen negara yang tidak boleh bekerja dengan distorsi kepentingan partisan. Mengingat saat ini Sutiyoso menjabat sebagai ketua umum PKPI.

“Jadi akan sangat baik, jika sebelum diberi penugasan uji kelayakan ke Komisi I, Pak Sutiyoso mundur jadi ketum partai. Ini agar mempermudah tugas kami,” tandasnya.

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge