0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panwaslu Solo Jamin Panwascam Netral dan Independen

dok.timlo.net/daryono
Pelantikan Panwascam di Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Sebagai ujung tombak pengawasan di tingkat kecamatan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo menjamin netralitas Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Rekrutmen Panwascam telah melalui serangkaian seleksi dan mendengarkan masukan masyarakat.

“Kami berpegang pada netralitas dan independensi. Selain itu kamu juga menyaring masukan dan tanggapan masyarakat untuk melihat track record calon,” kata Ketua Panwaslu Solo, Sri Sumanta saat ditemui usai pelantikan Panwascam dan Bintek Panwascam, di Hotel Dana, Rabu (11/6).

Melalui mekanisme itu, Sumanta menjamin 15 personel Panwascam yang hari ini dilantik memiliki netralitas dan independensi. Panwascam dipastikan bukan partisan Parpol tertentu.

Setelah dilantik, imbuh Sumanta, Panwascam sudah mulai bekerja. Pengawasan tahap pertama menyangkut tahapan penyerahan syarat dukungan calon independen yang dibuka 11 Juni. Bersamaan itu, Panwascam juga akan mempersiapkan pembentukan petugas pengawas lapangan (PPL) di tiap kelurahan.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah, Juhanah mengatakan pembentukan Panwascam se-Jawa Tengah ditarget selesai 12 Juni. Saat ini, tinggal tiga kabupaten/kota yang Panwascamnya belum dilantik. Total, ada 21 kabupaten/kota di Jateng yang menggelar Pilkada.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge