0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Oven Pintar Gunakan Fitur Image Recognition Untuk Mengolah Masakan

Oven June

Dok: Timlo.net/Mashable.com

Oven June.

Timlo.net—Koki profesional berlatih hingga bertahun-tahun untuk belajar cara memanggang ayam yang sempurna atau membuat kue strawberry yang lezat. Tapi ada sebuah cara baru bagi kita yang ingin belajar memasak sempurna seperti para koki ini.

Sebuah startup yang dibentuk San Francisco, membuat June, sebuah oven cerdas bisa secara otomatis mengenali makanan yang Anda masukkan dan memasaknya secara sempurna. Bagian atas oven yang cukup besar untuk memanggang pizza dan masakan panggang lainnya, dilengkapi dengan layar touchscreen 5 inci, skala digital dan prosesor Nvidia. Layar kacanya dirancang khusus sehingga tidak akan panas. Sementara elemen-elemen pemanas internalnya dibuat dari serat karbon.

Tapi yang sebenarnya membuat June berbeda dari oven lain adalah software dan hardware di dalamnya yang memberikan kekuatan pada fitur oven ini untuk mengenali makanan. Di dalam oven ini terdapat kamera HD wide-angle. Bila dikombinasikan dengan mesin algoritma cerdas, bisa membuat June mendeteksi jenis makanan di dalam oven. Setelah mendeteksi jenis makanan, oven ini akan menentukan durasi yang diperlukan untuk memasaknya. Untuk sekarang, perusahaan itu berkata June bisa mengenali makanan-makanan umum seperti daging dan roti. Tapi sistem ini akan menjadi lebih akurat seiring waktu. Bahkan perusahaan ini kelak akan menyediakan update database yang bisa didownload.

“Untuk saat ini kami ahli di bidang steak, ayam, ikan putih, salmon, bacon, adonan kue, campuran brownie, makanan panggang, bagel dan roti hamburger,” kata CEO dan pendiri June, Matt Van Horn, kepada The Verge.

Oven ini juga dilengkapi aplikasi pelengkap yang memantau perkembangan pengolahan makanan dan mengirimkan peringatan bila proses selesai atau hampir selesai. Anda bisa menggunakan aplikasi ini sebagai remote control untuk menyesuaikan suhu atau mematikan oven. Aplikasi ini juga mendukung streaming langsung dari kamera di dalam oven. Dengan demikian, kita bisa melihat perkembangan proses memasak dari jauh. Sebagai tambahan, aplikasi ini akan mengumpulkan berbagai resep untuk menolong pengguna merancang menu makanan.

Oven June juga dilengkapi dengan alat pelacak suhu inti. Fitur ini berguna untuk menangani masakan yang bergantung pada suhu seperti steak dan makanan panggang.

Oven ini dijual seharga $1.495 (Rp19,8 juta) selama periode preorder. Perusahaan itu memperkirakan untuk mengirim oven pesanan selama musim semi 2016. Setelah tanggal 10 Juli, oven akan dijual senilai $2.995 (Rp39,8 juta).

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge