0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Usai Siraman, Gibran Digendong Jokowi

dok.timlo.net/david
Gibran dan Jokowi saat mau menuju rumah Selvi (dok.timlo.net/david)

Solo — Prosesi adat Jawa di yang digelar di kediaman calon mempelai pria, Gibran Rakabuming Raka berjalan lancar. Mulai dari pemasangan “bleketepe” pukul 08.00 WIB hingga berakhirnya prosesi yang ditandai dengan “sungkeman” dari calon mempelai kepada kedua orang tua sekitar pukul 10.30 WIB.

“Prosesinya berlangsung lancar, tidak ada rintangan apapun,” terang Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, Rabu (10/6) siang.

Dikatakan, prosesi awal ditandai dengan pemasangan bleketepe oleh orangtua calon mempelai pria yang tak lain adalah Presiden Jokowi. Diteruskan dengan prosesi menerima air dari tujuh sumber mata air dari pihak calon mempelai perempuan. Air tersebut, diberi taburan bunga dan dilakukan prosesi siraman.

“Prosesinya seperti adat jawa lainnya,” terang Rudy –sapaan akrab Walikota Solo.

Disinggung siapa saja yang melakukan siraman kepada calon mempelai pria, Rudy mengaku, sejumlah kerabat melakukan prosesi tersebut seperti, nenek calon mempelai pria, Sujiatmi Noto Mihardjo, paman calon mempelai pria, Setiwan Prasetyo, serta kerabat dekat keluarga.

Usai prosesi siraman, diteruskan dengan prosesi gendongan terhadap calon mempelai pria oleh kedua orang tuanya. “Tadi Mas Gibran sempat bilang, bapak gak kuat nanti. Namun, Pak Jokowi tetap menggendong putra sulungnya tersebut,” kata Rudy.

Kemudian dilanjutkan dengan prosesi potong rambut yang dilaksanakan secara tertutup di kediaman Jokowi.
“Kalau yang memotong siapa, saya kurang tahu. Kemungkinan Pak Jokowi langsung,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge