0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tembungan Keluarga Presiden, Tak Lebih Dari 10 Menit

tembungan jokowi

timlo.net/david

Presiden Jokowi saat acara tembungan

Solo – Keluarga Presiden Jokowi resmi melamar Selvi Ananda untuk putra sulung mereka, Gibran Rakabuming, Selasa (9/6). Upacara Tembungan berlangsung singkat namun sarat dengan makna. Tak lebih dari 10 menit, prosesi tembungan itu dilaksanakan dikediaman Selvi.

Presiden Jokowi dengan mengenakan kemeja batik coklat dan Ibu Negara Iriana mengenakan kebaya warna biru muda dengan bawahan batik mengapit putra pertama mereka. Tampak pula dua adik Gibran, yaitu Kahiyang Ayu dan Kaesang Pengarep serta anggota keluarga lain. Mereka berjalan kaki menuju rumah Selvi yang berjarak hanya beberapa ratus meter dari kediaman keluarga Jokowi.

Rombongan keluarga Jokowi disambut Heru Haryanto yang merupakan perwakilan dari keluarga mempelai wanita. Tampak kedua orang tua Selvi, Didit Supriyadi dan Sri Partini, terlihat bersama anggota keluarga lain. Terlihat juga Selvi dengan kebaya hijau berlengan pendek. Usai dipersilakan duduk, kedua calon mempelai itu duduk berhadapan.

Selanjutnya, Setyawan Prasetyo selaku perwakilan keluarga Jokowi dengan menggunakan bahasa Jawa menyampaikan keinginan keluarga Presiden untuk melamar Selvi Ananda, bagi putra mereka  Gibran. Tetembungan (lamaran) tersebut dijawab oleh Heru Haryanto selaku perwakilan keluarga Didit dan Partini.

Acara dilanjutkan dengan makan bersama. Minuman berupa teh panas dan makanan ringan, dan  lontong opor, sop ayam kampung dan sate ayam dihidangkan sebagai hidangan utama.

Salah seorang anggota tim Media Center, Mufti Raharjo menyatakan, tetembungan ini merupakan awal dari rangkaian tata cara upacara adat pernikahan Jawa yang lain. Upacara ini adalah menunjukkan keseriusan bagi kedua mempelai, dan kedua keluarga untuk membentuk satu keluarga baru.

“Tembungan atau lamaran ini merupakan momentum bagi keluarga calon mempelai pria untuk lebih serius dalam meminang calon pengantin wanita,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge