0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puasa, Konsumsi Gas Elpiji Diperkirakan Naik

Operasi pasar elpiji 3 Kg

timlo.net/nanang

Operasi pasar elpiji 3 Kg

Karanganyar — Pemerintah Kabupaten Karanganyar, mempredikisi akan terjadi kenaikan konsumsi gas elpiji tiga kilogram pada Bulan Puasa mendatang. Kenaikan tersebut terjadi lantaran masyarakat dan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan membutuhkan gas elpiji tersebut dalam jumlah yang tidak sedikit.

“Kenaikan itu dipicu lantaran sektor UMKM bidang kuliner akan menggenjot produksi mereka selama bulan puasa berlangsung,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Alam (SDA) Bagian Perekonomian Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Farida, Selasa (9/6).

Peningkatan produksi itu, jelas Farida, secara otomatis akan berpengaruh terhadap konsumsi gas elpiji. Pasalnya usaha dibidang kuliner tidak akan lepas dari elpiji sebagai bahan bakar utama.

“Masyarakat dan juga pengusaha kecil akan sama-sama membutuhkan saat bulan puasa berlangsung, apalagi seperti diketahui pola konsumsi masyarakat selalu meningkat saat bulan-bulan seperti itu,” terangnya.

Untuk mengantisipasi kelangkaan akibat permintaan yang tinggi, pihaknya telah meminta kepada Himpunan Wiraswasta Nasional (Hiswana) Minyak dan Gas (Migas) untuk menambah kuota gas elpiji di Kabupaten Karanganyar. Penambahan tersebut adalah sekitar 150 persen dari jatah harian untuk kabupaten tersebut.

“Jika dihitung, jumlah penambahan untuk bulan Juni adalah 35.579 tabung, sedangkan jatah harian sebesar 23.719 tabung, nantinya pada saat bulan Juli atau saat lebaran, akan dilakukan penambahan lagi sesuai dengan kebutuhan,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Hiswana Migas BPC Surakarta, Suwardi Hartono Putro, mengaku telah menyiapkan tambahan elpiji untuk bulan Juli mendatang. Menurutnya penambahan akan dihitung dengan kebutuhan yang ada. Intinya pihaknya akan terus mendistribusikan tambahan gas bersubdidi itu selama masih diperlukan masyarakat.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge